Konsultasi Online 2

Karena halaman Konsultasi Online 1 sudah panjang dan sudah ada 166 Komentar, sehingga perlu menggulung panjang untuk mengisi komentar, maka saat ini kami sediakan Konsultasi Online 2.

Di halaman ini, kami menyediakan ruang untuk anda pengunjung web i Care Lasik, jika anda ada pertanyaan seputar lasik dan mata. Sebelum anda mengajukan pertanyaan disini, mungkin sudah ada artikel atau pertanyaan pengunjung lain yang inti pertanyaannya sama di konsultasi online1 , maka silakan lihat dan baca dulu. Atau jika anda merasa kesulitan dalam mencari topik di dalam web ini, silakan ketikkan kata kuncinya pada kotak pencarian di sebelah kanan atas.

Namun demikian jika pertanyaan berkenaan dengan harga, silakan lihat di Daftar Biaya Tindakan Lasik i Care Lasik Jakarta atau kontak langsung di 021 5307171 atau bisa melalui chatting di staf YM kami sebelah yang sedang online untuk biaya up to date-nya

Pertanyaan bisa anda ketikkan di kolom komentar di bawah ini, jangan lupa untuk menuliskan Nama (wajib), Email yang valid (wajib), dan jika ada website di tulis, namun jika tidak ada, tidak perlu diisi.

311 Responses to “Konsultasi Online 2”

  1. Wirawan Yuwono Utomo says:

    Dok,saya mau konsultasi lagi,saya dengar di icare memakai mesin LASIK mel 80(Aspheric) yg dpt mempertahankan bentuk kornea alami,yang akan saya tanyakan jika LASIK tidak menggunakan mesin LASIK mel 80,apakah benar kornea tidak akan kembali alami seperti sedia kala? (Karena setahu saya di klinik LASIK lain belum ada mel 80),terima kasih.

    Sylvie Reply:

    @Wirawan Yuwono Utomo,

    memang hanya kelinik kami yang menggunakan MEL-80 Carl Zeiss dari Jerman yang memiliki keunggulan Teknologi Advanced Aspheric sehingga bentuk kornea mata tetap di pertahankan.
    metode ini memberikan keuntungan :
    1.Mengurangi efak Silau di malam hari (glare)
    2. Jaringan kornea yang di laser lebih tipis
    3. Mengurangi tingkat abrasi pada kornea
    4. Memberikan tajam penglihatan serta kenyamanan yang lebih sempurna.
    untuk ket.lbh lanjut bs hub. 5307171

    Terima Kasih
    semoga dapat membantu :)

  2. mau nanya nih, klo mau zlasik mata harus stabil dulu ya?tidak berubah-ubah minusnya dalam jangka waktu berapa lama?1tahun?karna temen saya ada yg prnh lasik tp 3th kemudian muncul minus lagi walaupun dikit sih.kutunggu jawabnya yach

    Yenni Reply:

    @amanda,

    Salah satu syarat dilakukan tindakan lasik adalah Refraksi mata sudah stabil. Tidak ada perubahan yang signifikan (mis naik 1 s/d 2) dari minus terakhir dlm jangka wantu 6 s/d 12 bulan.
    Lasik bersifat permanen, jadi minus tidak akan kembali lagi. Tapi dengan pola hidup yang harus dijaga antara lain, jangan membaca sambil tiduran dan juga dalam kondisi lampu (penerangan) tidak dalam keadaan remang2, perbanyak makan sayur2an dan buah2an, jaga mata supaya jangan cepat lelah dll.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Semoga membantu. Terima kasih :)

  3. MINTA INFORMASI LENGKAP TENTANG LASIK DONG ?? KIRIM VIA EMAIL SAYA SAJA YAH. THX….

    Yenni Reply:

    @NORA,

    Maaf Ibu, untuk informasi lengkap tentang lasik semuanya sudah tertera di website kami. Dari jenis tindakan, biaya operasi sampai dengan jadwal dokter dll sudah tertera di website kami. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Terima kasih :)

  4. Mahathir Saragih says:

    Dok..mata Saya kiri -12, sil 4. kanan -11, sil 4.5..
    umur saya 19 tahun..
    apakah saya layak dan bisa untuk dilasik???
    syarat untuk lasik gmn y Pak???

    Yenni Reply:

    @Mahathir Saragih,

    Untuk bisa tidaknya dilakukan tindakan lasik harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

    Syarat dilakukan tindakan lasik adalah, jika menggunakan CL (Contact Lense) harus dilepaskan 2 minggu sebelom operasi, Usia sudah diatas 18 tahun (Refraksi sudah stabil), tidak sedang mengalami infeksi mata dll.

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 5307171. Terima kasih :)

  5. mau nanya..
    kalo minus 12 bisa melalui penyembuhan lasik ga?
    dan bisa sembuh total? berapa lama? dan berapa biayanya?

    thanks

    Sylvie Reply:

    @fersy,

    yang menentukan layak/tdknya lasik adalah ketebalan kornea bukan dari minus atau silindernya. dan untuk menentukan apakah bisa sampai nol hrs konsultasi awal terlebih dahulu.
    untuk operasi lasik pengerjaannya hanya 7-10 menit untuk 1mata.
    lasik itu bisa mengkoreksi
    minus -1.00 s/d -13.00
    plus +1.00 s/d 5.00
    silinder 1.00 s/d 5.00
    untuk biaya bisa di lihat di http://icarelasik.co.id/daftar-biaya-tindakan-lasik

    terima kasih semoga membantu :)

  6. Win Chandra says:

    Selamat Malam.

    Saya baru menjalani Phakic IOL pada 22 oct.
    Sebelum ini mata saya
    Kiri dan kanan sama -12, dan silinder 1.
    Saya tidak dapat menjalani lasik karena ketebalan kornea saya hanya 525
    Skrg setelah ini, Silinder saya naik jadi 1.5
    dan saya merasakan gangguan seperti melihat tulisan berbayang, yang sebelumnya tidak saya rasakan ketika saya masih silinder 1.

    Apa phakic memungkinkan untuk membuat silinder saya naik? dan selain laser, apa ada cara pengobatan alternatif untuk mata astigmatisme?

    terkadang kepala terasa pusing, dan melihat tulisan cukup berbayang. selain itu saya juga melihat pantulan dari bayangan2 lampu, terutama dari lampu dengan intensitas tinggi seperti lampu rem mobil.

    Terima Kasih :)

    Yenni Reply:

    @Win Chandra,

    dalam dunia medis belom ada kesimpulan yang mengatakan bahwa Phakic bisa menyebabkan silinder. Lebih baik konsultasikan kembali kondisi mata Ibu/Bpk kepada dokter yang melakukan tindakan Phakic tersebut. Semoga membantu. Terima kasih :)

  7. Dok, saya mau tanya kalo operasi lasik itu resiko kedepannya seperti apa? dan apakah setelah dilakukan operasi lasik akan timbul kembali lagi mata minusnya….?

    Sylvie Reply:

    @Tika,
    setelah lasik mata akan terasa silau dan kering tp ini tidak permanen berangsur2 akan pulih.
    lasik sendiri bersifat permanen.tp jika mata sudah normal tetap harus di jaga seperti tdk boleh baca sambil tidur dan di tempat yang agak gelap.

    terima kasih
    semoga dapat membantu :)

  8. Dok,mau tanya,setelah periksa refraksi lagi di optik kemarin,minus aku 5 silinder 2,25 (kiri) dan 7,5 silinder 1 (kanan),usia menginjak 20 tahun,yg saya tanyakan minus ku ini tergolong rendah,menengah atau tinggi?dan apakah dengan tindakan LASIK bisa sembuh normal?karena dalam waktu dekat ini insyaalloh saya akan menjalani tindakan LASIK,terima kasih.

    Sylvie Reply:

    @Wirawan,
    untuk golongan minusnya termasuk menengah. dan apakah bisa sembuh total itu tergantung dari ketebalan kornea pasien bukan dari menusnya/silindernya. biasanya sebelum melakukan operasi lasik, saat konsultasi awal dokter sudah bisa memprediksikan apakah bisa sampai nol atau tidak.

    terima kasih
    semoga dapat membantu

  9. Dok,
    saya mau tanya apa bedanya I Lasik dan Z lasik? apa keduanya proses lasik tanpa pisau? lebih bagus mana hasilnya I Lasik atau Z Lasik? Mohon Infonya juga brp batas max minus dan silinder utk proses lasik. Apakah bisa di lasik sekaligus utk min dan silinder ? terima kasih..

    Yenni Reply:

    @winita,

    Perbedaan antara I-lasik dan Zlasik :
    * Dari segi kecepatan penembakan laser, ilasik 150-650 KHz, sedangkan untuk Zlasik sdh 1 MHz
    * Untuk energi lasernya ilasik mikro Joule, sedangkan Zlasik sudah nano Joule.

    Untuk pembuatan flap (lapisan paling atas kornea) sama2 sudah menggunakan laser semua.

    Untuk minus yang bisa dikerjakan adalah dari minus 1 s/d 13, untuk silinder dr 1 s/d 5. Lasik mengkoreksi mata minus, silinder dan plus jauh sekaligus.

    Semoga membantu. Terima kasih :)

  10. Slmt Siang dokter, saya mau tanya apabila setelah 2 tahun lasik, mata kembali rusak dgn minus tertentu apa ada garansi utk proses lasik tsb? Minta info jg mengenai min tinggi, saya baca dipost sblmnya, akan dilakukan proses RLE, apakah itu bedah pakai pisau atau tetap seperti Zlasik. Thanks.

    Sylvie Reply:

    @dianita,

    Lasik sendiri bersifat permanen seandainya masih ada sisa minus biasanya setelah 3-6 bulan setelah lasik akan terlihat. dan akan di lakukan lasik kembali, tidak dikenakan biaya selama lapisan atas mudah untuk di buka kembali.
    RLE berbeda dengan Lasik.. RLE itu pengerjaannya dengan cara tanam lensa, jadi lensa kornea yang lama di ganti dengan lensa kornea yang baru, sayatan untuk membuat luangnya sudah menggunakan laser.
    RLE pilihan kedua seandainya tidak bisa menggunakan lasik.

    terima kasih
    semoga dapat membantu

  11. Selamat siang dokter,saya ada rencana mau lasik dlm waktu dekat ini cuma masih ada yang saya ragukan yaitu apakah bener setelah lasik syaraf mata kita bisa menjadi lemah dan reflek mata juga menjadi agak lambat ?terima kasih.

    Sylvie Reply:

    @merycwen,

    selema ini belum ada yang mengalami setelah lasik syaraf mata mengendur dan reflek mata berekurang. karana lasik sendiri adalah operasi yang cukup aman. hal2 yang akan di rasakan setelah lasik biasanya akan sedikit lebih silau kurang lebih 1 minggu, maka di sarankan selama 1minggu saat di luar ruangan dan panas mata hari menggunakan kacamata hitam. dan akan terasa kering itu juga akan berangsur2 pulih.

    terima kasih
    semoga membantu :)

  12. Selamat Pagi, saya mau menanyakan tentang kondisi mata saya :
    1. Saya sudah lebih dari 1 bulan sejak dilakukan EPI-LASIK, tetapi saya masih melihat tidak fokus, seperti melihat bayangan, baik itu dekat ataupun jauh.

    2. Yang saya bingung adalah ketika di cek / periksa di I-Care, dikatakan bahwa saya sudah minus 0 dan Cylindris 0. Apakah memang betul? ataukah melihat berbayang itu tidak termasuk kategori minus maupun cylindris?

    3. Jadi karena bayangan ini, baik melihat dekat maupun jauh sama-sama kurang jelas, meskipun misalnya membaca dari jarak 15 cm, walaupun saya bisa membaca tetapi saya melihat bayangan dari tulisan. Hal ini terutama ketika melihat tulisan putih pada latar hitam / gelap.

    4. Saya pernah diberitahu jika EPI-LASIK hanya dapat dilakukan 1 kali, dan tidak bisa diperbaiki, apakah betul? Ataukah yang saya alami adalah karena masih proses. Berapa lamakah biasanya proses EPI-LASIK sampai bisa fokus?

    Maaf mungkin saya terlalu panik. Tetapi saya memang butuh informasi ini agar lebih tenang. Terimakasih.

    Yenni Reply:

    @Okto Fajar,

    silahkan periksakan kondisi matanya ke icare, supaya dapat di ketahui penyebab terjadinya mata berbayang. Terima kasih :)

  13. Alhamudlillah setelah sholat Jum’at, bayangan agak berkurang, sekarang lebih jelas. Walaupun masih ada terutama jika melihat warna putih / terang yang terkena cahaya matahari. Atau melihat teks berjalan / newsticker di tv.

    Mungkin Senin saya akan datang karena tetes matanya tinggal sedikit. Terimakasih.

    Yenni Reply:

    @Okto Fajar,

    baik nanti untuk jadwal Mas Okto akan saya buatkan hari Senin tanggal 06 Desember jm 15.00 ketemu dengan Dr. Heru yah Pak. Terima kasih :)

  14. Dokter, minus saya cukup tinggi > 13 dan cyl >4 . Nah dipost sblmnya saya baca bahwa kl tdk bisa lasik akan dilakukan RLE baru di lasik. Brp biaya utk semua proses itu? Apakah itu aman dan tdk ada efek samping? Cara pengerjaannya dibedah pakai pisau atau prosesnya hanya sperti lasik pakai sinar saja ? Kl seandainya saya lbh memilih lasik, apa hanya mengurangi setengah dr minus saya? Terima kasih sblmnya atas pjlsan.

    Yenni Reply:

    @kevin,

    Untuk RLE akan dikenakan biaya Rp. 7.500.000/mata. Pengerjaan RLE (Refractive Lense Exchange) kurang lebih sama dengan pengerjaan katarak. Untuk sayatannya akan menggunakan laser kemudian untuk lensa mata akan diganti dengan lensa mata yang baru.

    Jika pasien tetap memilih lasik kemungkinan yang akan terjadi adalah masi terjadi nya sisa minus. Untuk itu lebih baik periksakan dan konsultasikan saja kondisi mata Bapak kepada dokter mata di iCare.

    Semoga membantu. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Terima kasih :)

  15. Dokter,
    Apakah benar ada metode penanaman lensa di depan lensa mata yang asli tanpa mengadakan penggantian seperti pada operasi katarak? Apakah tindakan ini aman untuk dilakukan? Berapa besar biaya yang diperlukan? Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan berapa lama waktu istirahat yang dibutuhkan pasca operasi?

  16. Tindakan yang di maksud adalah Phakic IOL, memang seperti operasi katarak tapi yang bembedakan lensa asli pasien tidak di hilangkan hanya di tambah di bagian depan lensa asli pasien. tindakan itu akan dilakukan jika tidak bisa melakukan lasik.
    Biaya untuk Phakic IOL Rp. 10 jt/mata. hanya di butuhkan 1-2hari pasca operasi setelah itu bs bekerja kembali.
    yang nama nya operasi pst ada resikonya tapi sangat kecil.

    terima kasih
    semiga dapat membantu :)

  17. Tindakan yang di maksud adalah Phakic IOL, memang seperti operasi katarak tapi yang bembedakan lensa asli pasien tidak di hilangkan hanya di tambah di bagian depan lensa asli pasien. tindakan itu akan dilakukan jika tidak bisa melakukan lasik.
    Biaya untuk Phakic IOL Rp. 10 jt/mata. hanya di butuhkan 1-2hari pasca operasi setelah itu bs bekerja kembali.
    yang nama nya operasi pst ada resikonya tapi sangat kecil.

    terima kasih
    semiga dapat membantu :)

  18. met sore dokter…
    maaf saya mau tanya seandainya saya ngejalanin test keseluruhan mata untuk mengetahui tindakan operasi yg mana untuk saya ( lasik/epi-lasik/z-lasik ) tp klo operasinya br dilakukan bln juli bisa atau tidak ya??supaya saya bisa mengetahui biaya nya lbh dahulu.Trims :)

    Sylvie Reply:

    @icha,
    bisa bu, tp karna jangka waktu dari pemeriksaan awal cukup jauh, jadi nanti sebelum operasi ada pemeriksaan ulang dan sudah tidak dikenakan biaya (syaratnya: jangka waktunya sampai 1TH setelah konsultasi awal, jika sudah lewat dari 1TH untuk konsul kembali sebelum tindakan akan di kenakan biaya konsul).

    terima kasih
    semoga membantu

  19. Malam dok
    saya mau tanya
    1.masa penyembuhan operasi lasik antara,z-lasik,epilasik,lasik lebih cepat mana???
    2.apa biaya operasi lasik sudah termasuk obat???

    Yenni Reply:

    @budi,

    Untuk ke3 tindakan tersebut ada beberapa anjuran yang harus diikuti kurang lebih 1 bulan kedepan. Tapi untuk proses penyembuhan flap (lapisan paling atas kornea) nya lebih cepat jika menggunakan Zlasik.

    Jika melakukan tindakan lasik, yang sudah include dalam 1 paket adalah jadwal kontrol selama 6 bulan kedepan (1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan sesudah operasi), kacamata hitam dan eyeshield juga kita berikan, 3 s/d 4 obat tetes kita berikan pertama kali.

    Semoga membantu :)

    budi Reply:

    @Yenni,
    maksudnya anjuran yang harus diikuti kurang lebih 1 bulan kedepan apa dok??

    Sylvie Reply:

    @budi,
    1. 5 hari pertama saat diluar ruanggan/panas matahari menggunakan kacamata hitam.dan di malam hari saat tidur menggunakan eyeshield (pelindung mata saat tidur).
    2. Boleh menonton tv, baca, komputer setelah hari pertama LASIK namun dalam jangka waktu terbatas.
    3. jangan menggunakan rias wajah/ crame muka selama 3 hari.
    4.tidak boleh mengkucek mata 2 minggu
    5. tidak bolah berenang, olahraga full contact body, berendam air panas, sauna, selama 4 minggu

    terima kasih
    semoga membantu

  20. saya ada keluhan perbedaan mata kanan dan kiri saya, mata kanan saya minus 6 dan ada slinder sedangkan mata kiri saya 1.25. pertanyaan saya jika saya lasik satu mata saja apakah bisa? mengingat mata kiri saya hanya minus 1.25.

    Yenni Reply:

    @elmer,

    Bisa saja dilakukan operasi pada 1 mata, tetapi alangkah lebih baik lagi jika ibu konsultasikan secara langsung kepada dokter apakah jika pengerjaan operasi pd 1 mata akan berdampak pd kenyamanan penglihatan anda. Semoga membntu, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 5307171. Terima kasih :)

  21. Ass…..
    saya seorang pria berumur 47 thn dan berdomosili di daerah surabaya.
    saya mengalami rabun dekat sudah sekitar 7-8 thn yg lalu, dari mulai ukuran kecil dan sekarang sudah ukuran 2,25.
    pertanyaan saya :
    1. seberapa besar prosentase bisa sembuh dengan operasi lasik.
    2. di rumah sakit mana saya hrs datang dari mulai konsultasi sampai pd pelaksaaan operasi.
    3. berapa besaran biaya operasi tsb ( termasuk obat ).
    4. utk ukuran umur spt saya, hal-hal apa saja yg menjadi pantangan setelah operasi lasik.
    5. apakah suatu saat rabun dekat itu akan saya alami lagi setelah operasi lasik.

    sebelumnya saya mengucapkan,terima kasih banyak atas info nya…………

    wassalam……….

    Yenni Reply:

    @Taufik,

    Apakah bapak juga memiliki minus/ silinder??
    Jika kondisi mata bapak hanya mata plus, dari segi teknologi belom bisa lakukan tindakan lasik. Karena biasanya plus dekat (rabun dekat) disebabkan oleh daya akomodasi mata yang sudah mulai melemah dan juga karena faktor usia.

    Silahkan hubungi kami di 021 530 7171 untuk informasi lebih lengkap. Terima kasih :)

  22. Ass…..
    saya seorang pria berumur 47 thn dan berdomosili di daerah surabaya.
    saya mengalami rabun dekat sudah sekitar 7-8 thn yg lalu, dari mulai ukuran kecil dan sekarang sudah ukuran 2,25.
    pertanyaan saya :
    1. seberapa besar prosentase bisa sembuh dengan operasi lasik.
    2. di rumah sakit mana saya hrs datang dari mulai konsultasi sampai pd pelaksaaan operasi.
    3. berapa besaran biaya operasi tsb ( termasuk obat ).
    4. utk ukuran umur spt saya, hal-hal apa saja yg menjadi pantangan setelah operasi lasik.
    5. apakah suatu saat rabun dekat itu akan saya alami lagi setelah operasi lasik.

    sebelumnya saya mengucapkan,terima kasih banyak atas info nya…………

    wassalam……….

    Yenni Reply:

    @Taufik,

    Apakah bapak juga memiliki minus/ silinder??

    Jika kondisi mata bapak hanya mata plus, dari segi teknologi belom bisa lakukan tindakan lasik. Karena biasanya plus dekat (rabun dekat) disebabkan oleh daya akomodasi mata yang sudah mulai melemah dan juga karena faktor usia.

    Silahkan hubungi kami di 021 530 7171 untuk informasi lebih lengkap. Terima kasih :)

  23. pak dokter saya mau tanya nih…
    selain operasi lasik ada cara lain gak sih buat nyembuhin mata..
    saya ingin daftar jadi pilot dan polisi tetapi mata saya yg kana silinder 0.25 dan yg kiri minus 0.5..kalo bisa si saya pinginnya tanpa operasi karena mata saya belum terlalu rusak.
    mohon jawabannya ya dok..

    Sylvie Reply:

    @fauzan,
    vitamin yang cukup biah dan sayuran dengan pola hidup di jaga. setidaknya bisa membuat minus bertambah. jika ingin benar2 hilang harus di lasik. tapi lasik minimal minus -1.00 s/d 13.00, dan silender 1.00 s/d 5.00

    Sylvie Reply:

    @fauzan,
    Ralat :
    vitamin yang cukup, buah dan sayuran dengan pola hidup di jaga. setidaknya bisa membuat minus tidak bertambah. jika ingin benar2 hilang harus di lasik. tapi lasik minimal minus -1.00 s/d 13.00, dan silender 1.00 s/d 5.00

    salam
    semoga dapat membantu

  24. Dokter,
    Umur saya 46 tahun, sedang mempertimbangkan untuk melakuksan LASIK, saya memakai kacamata (progressive) dengan ukuran sbb :

    OD :
    Jauh : -6.75
    Cylinder : -1.50
    Dekat : +1.25

    OS:
    Jauh :-8.00
    Cylinder : -0.75
    Dekat : +1.25

    1)Apakah operasi z-lasik di I-CARE dapat mengkoreksi kondisi + & – sekaligus artinya, saya tidak akan memerlukan baik kacamata minus untuk melihat jauh DAN kacamata plus untuk membaca ?

    2) Apakah yang dimaksud dengan teknik MONOVISION dalam lasik.

    Thx,
    Regards

    Yenni Reply:

    @rifa,

    Bisa saja dilakukan tindakan Zlasik, tapi lebih baik memang diperiksa dan dikonsultasikan terlebih dahulu.
    Biasanya jika pasien memiliki plus dan minus akan dilakukan tindakan MONOVISION.
    Tindakan Monovision adalah tindakan alternatif yang dilakukan kepada pasien yang memiliki minus dan plus. Nanti akan dilihat mata dominan pasien nya, apakah sebelah kiri atau kanan. Jika sebelah kiri makan minus akan dihilang kan di mata sebelah kiri (sisa plus),sedangkan yang kanan akan disisakan minusnya (sisa minus) jd nanti nya kondisi mata akan normal (jd tidak perlu menggunakan kacamata baca maupun minus).
    Sebelum tindakan monovision dilakukan akan ada trial menggunakan kacamata di kami. Jika pasien merasa nyaman baru akan dilakukan tindakan monovision, jika tidak nanti boleh silahkan konsultasikan kembali dengan dokter yang bersangkutan.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Semoga membantu, terima kasih :)

  25. selamat malam icare lasik. saya berumur 18 tahun. mata saya minus 5. sekarang, saya pengguna softlens.. selama ini tidak ada masalah sama sekali dengan menggunakan softlens ini. namun beberapa minggu terakhir, saya merasakan seperti ada yang mengganjal dimata saya ketika melepas softlens. tetapi ketika menggunakan softlens, rasa mengganjal itu hilang. mohon saran dan petunjuknya. terima kasih.

    Yenni Reply:

    @adrian,

    lebih baik periksakan langsung kepada dokter spesialis mata secepatnya, karena ditakutkan ada luka pada kornea Anda. Semoga membantu. Terima kasih :)

  26. mat malam i care, saya tertarik untuk melakukan lasik. Mata saya minus 3,5 ki dan 6,5 ka. skr saya pakai kacamata 3,5 ki dan 5,5 ka. saya tinggal d medan. yang ingin saya tanyakan apakah prosedur lasik,zlasik ditentukan oleh dokter ato pasien? maksudnya walaupun ketebalan kornea mata cukup untuk lasik apakah bisa ke z lasik. Terimakasih

    Yenni Reply:

    @sonya,

    lebih baik periksakan kondisi mata terlebih dahulu kepada dokter spesialis mata kami. Bila memang ketebalan kornea pasien cukup tebal biasanya kita kembalikan kepada pasien apakah ingin menggunakan lasik standart atau Zlasik. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Semoga membantu, terima kasih :)

  27. Pagi, mau tanya rincian untuk pembayaran memakai cicilan kartu kredit brp ya perbulan? Klo memakai cicilan kartu kredit bca bisa tdk? Thanx

    Yenni Reply:

    @Bryan,

    Untuk saat ini kita memiliki kerjasama dengan Bank UOB dan Bank Mandiri. Untuk perhitungan cicilan adalah harga normal dikali dua mata kemudian dikurangi 1 juta dibagi 12 bulan. Misalnya : harga normal untuk Zlasik adalah 21 juta kemudian dikurangi 1 juta jd 20 juta.
    20 Juta ini akan dibagi 12 bulan.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Semoga membantu. Terima kasih :)

  28. sore… mata saya yg kanan minus 0,75 dan silinder 1,5, yg kiri minus 0,5 dan silinder 1,25

    kalo di lasik apa mungkin hilang semua minus dan silindernya? biaya nya brp? saya termasuk org yg sensitif dgn kacamata krn jd gampang sakit kepala, apalagi berkutat di dpn komputer… terimakasih..

    Yenni Reply:

    @ayoe,

    Lasik bisa mengkoreksi mata minus, silinder dan plus jauh. Untuk layak tidaknya dilasik pasien harus diperiksa terlebih dahulu. Jika ketebalan kornea pasien mencukupi biasanya untuk minus dan silinder sekian dapat dikoreksi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. Semoga membantu :)

  29. Mata saya minus 7, Sekarang rencana mau Z lasik.

    -Berapa biayanya?

    – Saya berada di luar pulau, Jika saya sudah selesai mendapat Z lasik pada mata saya. Berapa lama perawatan mata sampai saya bisa pulang kembali ke daerah asal saya dengan pesawat?

    (+/-, 1 jam penerbangan.)

    – Apa bisa kedua mata di Z lasik bersamaan?

    – Apakah bisa pembayaran dilakukan dengan HSBC credit card?

    – apa aja yang termasuk dalam Garansi i care lasik?

    (Saya dapat referensi dengan Dr.Bambang.T, beliau spesialis mata ‘spesifiknya’ di bagian apa ya?)

    Terimakasih atas jawabannya.

    Sylvie Reply:

    @ADE W. S,

    untuk biaya bisa di lihat di http://icarelasik.co.id/klinik-kami/daftar-biaya-tindakan-lasik
    pembayaran bisa menggunakan credit card.

    jika anda memakai lensa kontak, harus dilepas dahulu sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum ke jakarta.

    jika menggunakan tidakan yang Zlasik biasanya +/- 2-3 hari berada di jakarta.

    untuk operasinya memang dilakukan langsung 2 mata. permata dikerjakan hanya 7-10 menit.

    jika terjadi undar-over koreksi setelah lasik, makan akan di lakukan lasik kembali setelah 3-6bln lasik pertama,lasik kedua akan dilakukan selama ketebalan kornea mencukupi dan sesuai dgn recomendasi dokter. tidak di kenakan biaya.

    untuk melihat spesifikasi Dr.Bambang bisa di lihat di http://icarelasik.co.id/klinik-kami/team-dokter

    jika ingin tanya2 lbh lanjut bs hub. 021-5307171

    terima kasih
    semoga dapat membantu :)

    sylvie Reply:

    @ADE W. S,

    Saya akan coba jawab pertanyaan Bpak/ Ibu Ade :

    – Untuk biaya lasik silahkan kunjungi http://icarelasik.co.id/klinik-kami/daftar-biaya-tindakan-lasik.

    – apakah ibu/ bapak menggunakan Contact Lense (CL) jika iya lebih baik lepaskan terlebih dahulu 2 minggu sebelom operasi. Jika dari luar kota lebih baik stay dahulu di Jakarta 3 s/d 5 hari. Karena Jika hari pertama untuk pemeriksaan, jika kondisi mata pasien baik pd hari ke2 akan dilakukan tindakan. Hari k3 kontrol pasca operasi :)

    – Lasik memang dilakukan pada kedua mata langsung

    – Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit (Master/ Visa), debit maupun cash.

    – Jika terjadi over/ under corecction akan di lakukan lasik kembali setelah 3-6bulan setelah lasik pertama. tapi dilihat lagi dari ketebalan kornea, kondisi korneadan rekomendasi dokter. tidak di kenakan biaya.

    – untuk spesifikasi Dr. Ba,bang bisa di lihat di http://icarelasik.co.id/klinik-kami/team-dokter

    terima kasih semoga dapat membantu

    Yenni Reply:

    @ADE W. S,

    * Untuk biaya silahkan kunjungi kami di http://icarelasik.co.id/klinik-kami/daftar-biaya-tindakan-lasik

    * Jika memang dari luar kota sebaiknya luangkan waktu 3 s/d 5 hari di Jakarta.

    * Zlasik memang dilakukan pd dua mata sekaligus.

    * Pembayaran bisa menggunakan cash, debit, maupun kartu kredit.

    * Dr. Bambang spesialis Lasik, untuk garansi kami berikan selama 1 tahun kedepan jika terjadi sisa minus akan kami lasik ulang tapi dengan syarat ketebalan kornea pasiennya masi mencukupi, kesehatan mata menunjang, dan juga ada rekomendasi dari dokter.

    Semoga membantu, terima kasih :)

  30. Umur saya 23 thn mata saya L min 8 Cly 0,75 & R min 6 cly 0,75 saya juga kurang jelas melihat kalau malam, apakah bisa dikoreksi dengan operasi terutama mengenai penglitan saya pada malam hari…….?

    Yenni Reply:

    @Maslin,

    untuk bisa atau tidaknya dilasik harus diperiksa terlebih dahulu. Jika memang menggunakan Contact Lense harap dilepaskan dua minggu sebelom operasi.
    Untuk melihat kurang jelas ketika malam hari bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa saja karena silinder nya atau ada kelainan pd mata. Jadi memang sebaiknya diperiksan terlebih dahulu.
    Terima kasih :)

  31. umur saya 23 thn mata saya L min 8 cly 0,75 & R min 6 cly 0,75 saya juga kurang jelas melihat kalau malam apakah mata saya bisa di koreksi dengan operasi terutama mengenai penglihatan saya di malam hari……?

    Yenni Reply:

    @Maslin,

    untuk bisa atau tidaknya dilasik harus diperiksa terlebih dahulu. Jika memang menggunakan Contact Lense harap dilepaskan dua minggu sebelom operasi.
    Untuk melihat kurang jelas ketika malam hari bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa saja karena silinder nya atau ada kelainan pd mata. Jadi memang sebaiknya diperiksan terlebih dahulu.

    Terima kasih :)

  32. Yth Bapak/Ibu Dokter,

    Sudah 5 hari saya sakit mata yang disebabkan karena saya mengucek mata karena gatal hari Jumat minggu lalu.
    Waktu itu saya outbond dan tidak ada air bersih disana, akhirnya terpaksa saya mengucek mata saya. Alhasil mata saya merah, dan pada hari sabtu saya baru kasih obat mata.
    Hari selasa tanggal 25 Januari 2011 yang lalu saya baru ke dokter umum, karena dokter specialis mata baru buka malam hari, mengingat saya tidak ingin menunda lagi. Setelah di kasih obat tetes mata dan pil penghilang nyeri, yang saya rasakan rasa nyeri memang hilang. Namun mata saya masih merah,bengkak dan sedikit gatal serta berair.
    Yang saya ingin tanyakan :
    1. Apakah boleh saya membersihkan lendir yg keluar di sudut mata kanan saya dengan tissue agar tidak mengahalngi pandangan saya?
    2. Apakah yang harus saya lakukan dok?

    Terima Kasih

    Best Regards
    RENGGA

    Yenni Reply:

    @rengga,

    * boleh saja dibersihkan asalkan hati2, lebih baik menggunakan cutton butt.

    * lebih baik periksakan secepatnya ke dokter spesialis mata jika sampai saat ini masi mengalami iritasi, karena ditakutkan ada nya virus atau kotoran yang menetap dalam mata.

    Semoga membantu :)

  33. umur saya 23 thn, saya +/- 10 thn pake kaca mata,mata saya sekarang L min 8 0.75 cly R min 6 0.75 cly & mata saya juga kurang jelas melihat di malam hari, apakah mata saya masih bisa di koreksi dengan oprasio lasik terutama masalah penglihatan saya di malam hari……?

  34. kalu misalkan biasa di oprasi kemungkinan mata saya normal berapa persen…?

  35. Kalau misalnya mata saya bisa di operasi berapa persen kemungkinan sembuhnya….?

    Sylvie Reply:

    @Maslin,

    @Maslin,

    Untuk pertanyaan nya saya jawab di sini semua ya..
    Harus ada konsultasi awal untuk untuk menentukan layak atau tidaknya lasik. (di lihat dari ketebalan kornea, kondisi kornea,saraf retinanya, dan apakah ada kelainan mata)jika semuanya oke baru akan penjadwalan tidakan.

    Mengenai bisa samapai Nol atau tidak, saat konsultasi awal sebelum melakukan tindakkan, biasanya dokter sudah bisa menargetkan apakah bisa sampai nol atau tidak.

    Tingkat keberhasilan lasik adalah 98%berhasil, yang sisa 2% nya biasanya masih ada sisa minus,dapat di lakukan lasik kembali tetapi setelah 6bulan dari lasik pertama. dan harus dan harus dilihat lagi dari keteblan korna dan kondisi kornea, serta rekomendasi dokter apakah lasak untuk melakukan lasik ke 2. jika layak untuk lasik ke 2 tidak dikenakan biaya selama lapisan atas kornea mudah untuk di buka.

    jika ingin tanya2 lbh lanjut bisa hub kami ke 021-5307171

    terima kasih
    semoga membantu :)

  36. Dok, saya mau tanya,
    Dulu ayah saya oiperasi katarak pada mata kanan. Pada saat operasi katarak, ternyata ada masalah pada kataraknya dan memakan waktu lama yaitu kataraknya sudah tebal, sehingga dikorek-korek. Kemudian pada saat itu juga tidak langsung dipasang lensa, yang mana lensa dipasang seminggu kemudian. Seminggu kemudian dipasang lensa yang letaknya di taruh di depan, tidak ditaruh di belakang karena jatuh terus, kata dr yang melakukan operasi pada ayah saya. Kemudian setelah operasi katarak ternyata retinanya mengalami kebocoran dan di laser sebanyak 3 kali, sehingga akhirnya diputuskan untuk di operasi dengan memakai silicone. Setelah operasi pengangkatan silicone dilakukan, ternyata diketahui ada infeksi pada korneanya yang mana menurut dr kornea karena lensa pada operasi katarak diletakkan di depan. Menurut dr kornea kalau dilakukan operasi ulang untuk lensa juga kemungkinan tidak berhasil, jadinya hanya di kasih obat untuk mencegah infeksi pada kornea sehingga tidak mengalami kebutaan pada efek jangka panjangnya. Jadinya kami terutama ayah saya bingung, apa yang harus dilakukan, karena pada saat operasi katarak, dr katarak tidak menjelaskan efek bila lensa diletakkan di depann atau di belakang.Mohon penjelasan dari dr yang spesialis katarak,

    Best Regards,

    Erick

    Yenni Reply:

    @Erick,

    pada kondisi dimana pada saat operasi katarak tidak dimungkinkan untuk penanaman lensa tanam (IOL), maka dapat dilakukan dengan dua tahap. Pertama, menunda penanaman lensa seperti yang dilakukan pada ayah anda dan pada kemudian hari ditanamkan IOL dengan posisi lensa didepan. Yang kedua, penanaman lensa didepan iris dilakukan langsung pada saat operasi pertama apabila penanaman IOL dibelakang iris tidak dapat dilakukan.

    Apabila lensa jenis ini dipasangkan secara baik dan benar sebenarnya tidak menimbulkan masalah yang berarti pada jangka panjang nya, tetapi ada beberapa literatur yang menyatakan bila pemasangan lensa tidak pada posisi yg baik akan menimbulkan masalah pada kornea yang berupa endotelial decompensasi (berkurangnya fungsi sel2 kornea yang menjaga kejernihan kornea) sehingga menyebabkan keratopatia (kornea keruh).

    Jika Pak Erick berkenan untuk dapat membawa Ayah untuk memeriksakan diri ke dokter kami mungkin dapat dijelaskan lebih lanjut lagi. Semoga membantu, terima kasih sebelumnya. :)

  37. Dr apa sebaiknya ayah saya diperiksa? Dr kornea atau dr spesialis katarak? kan dr mata masing2 ada spesialisasinya, walaupun semua dr mata juga bilang bisa operasi katarak. Trus saya juga mau tanya apakah benar obat Catarlent Eye Drop bisa menghambat katarak dengan melembekkan katarak sehingga tidak bertambah tebal? Soalnya ayah saya mata sebelah kiri juga katarak dan dia sudah trauma dengan dr mengoperasi katarak pada mata kanannya dan ternyata gagal dan setelah saya baca di buku mengenai dr2 yang ada di klinik tsb ternyata dr tsb bukan spesialis katarak.Oh iya, waktu operasi katarak mata kanan, ayah saya tidak periksa lab lagi pada saat hari H pelaksanaan operasi,karena di bilang hasil lab-nya seminggu lalu mengenai diabetes masih akurat, sedangkan menurut klinik mata lain bahwa operasi katarak harus periksa lab pada hari H untuk penderita diabetes, menurut I-care prosedur yang benar yang mana?
    Thanks

    Yenni Reply:

    @Erick,

    hasil lab berlaku 2 minggu sesudah pengambilan. Lebih baik konsultasikan kepada dokter kami di iCare dahulu. Terima kasih :)

  38. Saya mau tanya. Apa planoscan LASIK = tindakan Lasik di i Care, Tissue Saving = tindakan Epi Lasik di i Care dan Zyoptix Ultimate Lasik = tindakan Z Lasik di i Care. Terimakasih

    Yenni Reply:

    @Adi PHP,

    Pertanyaan bapak sudah dijawab oleh Pak Kastam via chatting. Terima kasih :)

  39. Selamat Pagi Bpk/Ibu moderator,
    Setelah membaca penjelasan mengenai Lasik, saya menjadi tertarik olehnya..tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Apa perbedaan lasik, epilasik, dan z-lasik?operasi mana yang terbaik untuk saya?sebagai info saya penderita rabun jauh dengan dioptri -6.50 (mata kanan) dan -4.50 (mata kiri), juga ada silinder (lupa ukurannya berapa)
    2.Efek setelah operasi lasik akan makan waktu berapa lama/hari? karena kebetulan selama ini saya kalo ke kantor selalu mengendarai kendaraan sendiri dan selalu pulang malam.
    3. Adakah perawatan yang harus dilakukan pasca-operasi?seperti apa jika memang ada
    4. Adakah garansi yang diberikan oleh iCare-Lasik?jika ada berapa lama?dan mencakup apa saja?
    5. Jika menggunakan cicilan mandiri, berapa total biaya yang dibutuhkan?dan dapat dicicil sampai berapa kali max?

    Terimakasih atas perhatian dan tanggapannya.
    ( Dady )

    Yenni Reply:

    @DADY,

    Baiklah saya jelaskan satu persatu ya Pak.
    1. Untuk perbedaan lasik, epilasi, dan zlasik adalah :
    * Lasik : pembuatan lapisan paling atas kornea (flap) masih menggunakan alat mikrokeratome atau semacam pisau bedah mekanik (untuk ketebalan kornea 500 mikron)
    * epilasik : pembuatan lapisan paling atas kornea (flap) masih menggunakan alat mikrokeratome atau semacam pisau bedah mekanik (untuk ketebalan kornea dibawah 500 mikron) tau terlalu tipis.
    * zlasik : pembuatan flap sudah menggunakan laser semua (NO BLADE LASIK).

    2. untuk gejala sesudah lasik adalah mata kemerahan, berair terus, merasa ada yang mengganjal, pandangan agak berkabut biasanya diistirahakan saja 6 s/d 7 jam kedepan atau dibawa tidur ampe besok pagi biasanya sudah normal kembali. Untuk berkendara sendiri biasanya tergantung dari kondisi mata pasien dan juga rekomendasi dari dokter :)

    3. ada beberapa anjuran yang harus diikuti kurang lebih 1 bulan kedepan antara lain :
    * jangan kucek2 mata 2 minggu kedepan,
    * mandi sebatas dr leher kebawah, untuk muka sebaiknya di washlap saja,
    * jika mau keramas dianjurkan 3 hari setelah tindakan lasik dan lebih baik dilakukan disalon,
    * untuk oleh raga, berenang, dan berendam air panas lebih baik dihindari selama 1 bulan kedepan :) , etc

    4. Kita berikan garansi selama 1 tahun, jika terdapat sisa diatas 1 kita bisa lasik tapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku :)

    5. Untuk cicilan Bank Mandiri bisa dicicil selama 12 bulan. Dengan cara perhitungannya dari ]
    (harga normal dikali 2 mata)- 1 juta, kemudian dibagi 12 bulan.

    Terima kasih, semoga membantu. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 530 7171. :)

  40. kepada Bpk/Ibu dokter Yth,saya mau tanya apa arti keratopati dan anomali refraksi pada mata untuk orang usia 40th dan apa pengobatannya harus dengan operasi atau dengan obat tetes mata saja…terima kasih

    Sylvie Reply:

    @ziah,
    sebaik nya Bapak/ibu langsung pemeriksaan dengan dokter.. karna untuk memberi obat harus diliat langsung oleh dokter.

    terima kasih
    semoga dpt membantu

  41. Apakah di I-Care ada treatment untuk presbyopy?

    Apakah ada service Kamra Inlay atau IntraCore? kalau ada yang mana treatment yang bagus? apakah IntraCor itu yang disebut tindakan lasik monovision?, biayanya berapa? ….. umur saya 47 th pake kaca mata kalau baca saja, saya awam dan menemukan istilah2 tersebut di internet dan 2 istilah tersebut yang menurut feeling saya tindakan bagus untuk saya, saya ingin baca tanpa kacamata tapi tanpa mengganti lensa biologis saya, karena saya tidak menderita katarak.

    Mohon bisa di berikan gambaran solusinya dan perbedaan tindakan, hasil dan kekurangan/kelebihan diantara keduanya.
    Jika tidak ada mohon solusi untuk mata presbyopy saya.

    Terimakasih.

    Sylvie Reply:

    @Reza,

    mohon maaf kita tidak bisa menjelaskan pertanyaan bapak. untuk klinik kami belum ada layanan tersebut dan mungkin di indonesia juga blm ada.

    terima kasih :)

  42. andypranoto says:

    setelah melihat comment di atas.saya tertarik dengan lasik ini.
    saya menderita – 5.50 untuk sebelah kiri dan -6.00 untuk sebelah kanan.kalo untuk luar daerah seperti Bangka.gimana prosedur nya?kekurangan n kelebihan dari lasik tersebut.saya menggunakan kacamata -/+ 15 tahun.
    thanks

    sylvie Reply:

    @andypranoto,
    lasik bisa mengkoreksi minus -1.00 s/d -13.00 dan silinder 1.00 s/d 5.00
    jika bapak ingin melakukan lasik setidaknya meluangkan waktu -/+ 4 hari di jakarta.
    lasik sendiri bersifat permanen.

    untuk tanya2 lebih lanjut bisa hub. 5307171

    semoga dpt membantu

  43. Hallo Dok,

    saya mau bertanya tntang lasik di indonesia, berapa % tingkat ke gagalanya?
    karena ukuran saya. R S-5.00 cyl -6.00 x180. L S-6.00 cyl -350 x 175.
    apakah mungkin untuk di lasik?

    Sylvie Reply:

    @Acil,
    Tingkat keberhasilan lasik 98%, dan kegagalan hanya 2% yang di maksud dengan ke gagalan hanya sisa minus.
    Untuk penentuan layak atau tidaknya lasik bukan di lihat dari minusnya tp di lihat dari ketebalan kornea serta kondisi kornea, jadi harus konsultasi terlebih dahulu untuk pengecekan keseluruhan.

    terima kasih
    semoga dpt membantu :)

  44. saya menderita penyakit saraf mata tpi saya bingung saya sakit saraf mata apa ??
    saya mau nanya kalau mau penyakit ini bisa di sembuhkan atau tidak ??
    kalau tidak bisa ganti mata brp harga.a ??
    terima kasih

    Sylvie Reply:

    @erwan,
    untuk bisa / tdknya di sembuhkan sebaiknya di periksakan langsung ke dr. ahli saraf mata/ dr. retina.
    maaf klinik kami tidak melayani transplantasi mata.

    terima kasih
    semoga mambantu

  45. saya mau tanya ,saya sudah sekitar 1 tahun menggunakan softlense dan biasa saja .tapi akhir2 ini saya sering merasakan seperti ada sesuatu semacam debu yg terasa mengganjal dan membuat mata saya menjadi merah,gatal terkadang sakit .itu mengapa ya dok ?
    trmksh sebelumnya

    Sylvie Reply:

    @sherly,
    karana ibu sudah terlalu lama menggunakan softlens mungkin mata nya iritasi dan kering, sebaiknya jangan menggunakan softlens jika masih terasa seperti yang ibu tulis. dan lebih baik langsung periksakan ke dr. mata agar bisa di obati.

    salam
    semoga dapat membantu :)

  46. evan h yani says:

    dok saya mau tanyak apa mata cylinder bisa di di z lasik saya menanyakan ini karena tahun 2006 saya ke singapura dan dokter menganjur kan saya untuk lassik 2 kali saya mengalamu cylinder yg cukup parah mata kanan saya cylinder 4.5 dan kiri saya cylinder 5
    best regards
    evan

    Sylvie Reply:

    @evan h yani,

    lasik bisa mengkoreksi minus -1.00 s/d 13.00 dan cylinder 1.00 s/d 5.00.
    tdk menutup kemungkinan di lakukan 2x lasik. selama ketebalan korneanya cukup untuk melakukan lasik ke dua.

    terima kasih
    semoga membantu:)

  47. Apakah boleh menggunakan komputer / menatap layar komputer dalam jangka waktu yang cukup lama setelah melakukan lasik ?
    atau apakah ada jangka waktu tertentu setelah lasik dilakukan, untuk boleh menatap layar monitor komputer ? bagaimana juga dengan layar gadget yg kadang kontras cahaya bisa agak silau dan televisi ?
    Terimakasih

    Sylvie Reply:

    @Tarto

    Satu hari setelah lasik sudah bisa melakukan aktifitas seperti nonton TV, Komputer, Gadget, baca itu sudah dapat dilakukan tetapi di sarankan setiap 2 jam sekali istirahat 10 menit lihat pemandangan lain, baru boleh aktifitas kembali seprti nonton TV, Komputer, Gadget, baca. dan di jaga saja supaya matanya tdk terlalu lelah.

    semoga dapat membantu :)

  48. usia saya 18 tahun 7 bulan dok .apakah saya boleh melakukan lasik ? trmksh sblmnya

  49. usia saya 18 tahun 7 bulan dok ,saya ingin melakukan lasik .apa sudah bisa ya ? trmksh seblmnya

    Kastam Reply:

    @sherly,
    Minimal 18 tahun…
    Jadi silakan datang dan konsul/periksa dulu yaaa…

  50. @Sherly

    Dia atas 18 tahun sudah bisa melakukan lasik tapi sebelum melakukan lasik harus ada konsultasi awal untuk menentukan layak atau tidaknya lasik. Jika menggunakan soft lense harus dilepas 2 minggu baru bisa melakukan tindakan lasik.

    Terima kasih

    Semoga dapat membantu :)

Get Adobe Flash player