Z-Lasik


Sejalan dengan perkembangan teknologi, i Care Lasik telah menghadirkan teknologi lasik generasi terkini Z-LASIK with Advanced Aspheric yaitu teknologi lasik tanpa pisau bedah atau NO BLADE LASIK yang mengkombinasikan mesin FEMTO LDV, produksi Ziemer Group dari Swiss untuk pembuatan lapisan tipis (flap) pada kornea dan mesin excimer laser MEL-80 Carl Zeiss dari Jerman.

Tahapan NO BLADE LASIK ini terdiri dari dua tahap utama yaitu proses pembuatan lapisan tipis (flap) pada kornea dengan menggunakan femtosecond laser, dan proses pembentukan kornea yang menggunakan excimer laser.

Apa keunggulan Z-LASIK?


Z-LASIK adalah prosedur lasik yang menggunakan Ziemer FEMTO LDV, yaitu femtosecond laser dengan teknologi terkini yang memiliki kecepatan sangat tinggi sebesar 1000 Khz dan digunakan untuk proses pembuatan lapisan tipis (flap) pada kornea.

Kelebihan femtosecond laser LDV adalah menggunakan energi laser yang sangat kecil, sehingga akibat panas yang tinggi pada jaringan mata bisa dihindarkan. Hal ini menyebabkan reaksi thermal dan bubbles (kekeruhan akibat laser) pada jaringan kornea sangat minimal. Selanjutnya langsung bisa dilakukan tindakan excimer laser pada mata pasien, tanpa harus menunggu beberapa saat. Tingkat presisi yang tinggi serta reposisi jaringan kornea yang sempurna pada tindakan dengan teknik Z-LASIK , membuat kesembuhan akan dicapai lebih cepat dengan hasil ketajaman penglihatan yang lebih baik.

Z-LASIK sudah memperoleh pengakuan atau sertifikasi dari FDA dan direkomendasikan penggunaannya untuk US ARMY, US NAVY, US AIR FORCE, MARINE CORPS dan NASA.

Z-Lasik, All Laser Lasik

Apa keunggulan Mel-80 Carl Zeiss?

Mel-80 Carl Zeiss dari Jerman memiliki keunggulan dengan teknologi Advanced Aspheric Lasik nya. Dengan ADVANCED ASPHERIC LASIK, bentuk alami kornea mata tetap dipertahankan, yaitu cembung di tengah dan datar di tepi (bentuk prolate).

Metode ini memberikan berbagai keuntungan yaitu :

  • Mengurangi efek silau di malam hari (glare).
  • Jaringan kornea yang dilaser lebih tipis.
  • Mengurangi tingkat aberasi pada kornea.
  • Memberikan ketajaman penglihatan serta kenyamanan yang lebihsempurna.

Keunggulan lainnya dari Mel-80 Carl Zeiss ini adalah :

  • Memiliki kecepatan laser yang sangat tinggi (250 hertz) dimana proses sinar laser yang dipancarkan dapat dilakukan dalam waktu hanya sekitar 20 detik/mata.
  • Memiliki eye-tracker, yang berfungsi untuk melacak gerakan mata dengan kecepatan yang sinkron dan seragam dengan kecepatan lasernya yaitu 250 hertz.
  • Memiliki diameter laser paling kecil, yaitu 0.7 mm, sehingga proses penyembuhan akan lebihcepat, dan permukaan kornea mata akan lebih halus (faster, smoother is better).
  • Memiliki iris recognition technology; yang mampu mencegah resiko terjadinya kesalahan dalampengenalan kornea mata. Dengan pelayanan terpadu yang meliputi teknologi canggih, dokter-dokter ahli lasik berpengalaman, dan komitmen untuk memberikan yang terbaik demi kepuasan konsumen, i CARE menawarkan solusi terdepan untuk koreksi penglihatan, demi membawa anda kepada kehidupan yang lebih berarti.

15 Responses to “Z-Lasik”

  1. Saya ingin menanyakan pada kalimat:

    “Mengurangi efek silau di malam hari (glare)”

    Apakah ini berarti pasien pasca lasik akan mengalami silau di malam hari? jika iya, apakah hal ini sifatnya permanent? atau temporary?

    Yenni Reply:

    @erwan,

    Gejala2 umum pasca lasik adalah biasanya mata kemerah2an, berkabut, berair, silau terhadap cahaya, kelilipan pasir, atau seperti ada yang mengganjal di mata.
    Ini bersifat sementara Pak. Biasanya diistirahatkan 6 sampai 7 jam kedepan sudah merasa baikan..
    Yah lebih amannya jika Bpk. sesudah tindakan lasik, mata dipejamkan ato dibawa tidur aja.

    Kastam Reply:

    @erwan,
    Menambahkan jawaban M’Yeni.
    Bahwa pada umumnya silau di malam hari itu dialami semua pasien pasca lasik, dan itu bersifat sementara, namun jika mesin lasik yang di gunakan tidak aspheric maka bisa jadi berkepanjangan, itu di karenakan bagian pinggir dari pembentukan kelengkungan baru setelah lasik itu tidak di kembalikan seperti asli normal mata, namun terasa terpotong dan runcing di pinggir, sehingga ada bayangan baru yang diterima oleh mata, efeknya jadi silau.

    Sedang dengan MEl 80, yang mempunyai teknologi Advanced Aspheric maka kornea setelah lasik akan dikembalikan ke bentuk alami, dan tentu hasilnya, sangat minimal untuk glare atau bahkan tidak ada sama sekali.
    Demikian pak, semoga membantu.

  2. Terimakasih atas jawabannya, saya sudah cukup jelas, InsyaAllah saya akan ke icarelasik bulan maret untuk di lasik, semoga dibulan maret nanti ada diskon promo :D

    Kastam Reply:

    @Erwan,
    Sebenarnya dibulan ini khan ada promo, nah sebaiknya anda daftar dan konsultasi dulu sekarang, untuk tindakan bisa di bulan Maret 09 maka masih dalam masa program promo begitu.
    Untuk biaya bisa lihat di http://icarelasik.co.id/daftar-biaya-tindakan-lasik

  3. kan td katanya bs daftar n konsultasi bln ini selama masih harga promo…kalau boleh tau batas tindakan nya sampe kapan ya?misal kan klo maret masih bs,,kalau sampai juni or juli masih bs?
    terima kasih..

    Kastam Reply:

    @Claudia,
    Kami masih bisa beri toleransi maksimal 2 bulan dari tanggal konsultasi, kecuali ada hal-hal yang menyebabkan lebih dari 2 bulan misal, ada evaluasi dari dokter atas hasil dari pemeriksaan mata yang pertama, sehingga dokter mengharuskan untuk kontrol ulang misal 3 bulan dan sebagainya. maka akan di bicarakan di kemudian.

  4. saya mau tanya, apa semakin besar minus maka semakin besar biaya?
    jika minus 8 maka, apa bisa sembuh total jadi mata normal? berapa biaya yang harus dikeluarkan?

    mohon jawabannya…
    terimakasih

    Kastam Reply:

    @panda,
    Untuk biaya lasik atau tindakan di klinik kami TIDAK tergantung besarnya minus atau ukurannya, namun tergantung JENIS tindakan yang diambil, dan ini tentunya berdasar dari hasil pemeriksaan dan tindkaan yang cocok untuk kondisi anda.
    Misal walaupun minus 8 atau 10 , jika korneanya cukup tebal maka cukup dengan lasik atau Z-Lasik.

    Target kami adalah normal atau tanpa kacamata lagi, namun tentu harus diliaht berbagai faktor seperti kornea cukup, jika tidak maka kami akan beritahu samapai seberapa yang bisa di lasik, dan keputusan untuk tindakan di tangan anda.

    Untuk biaya silakan lihat di http://icarelasik.co.id/daftar-biaya-tindakan-lasik
    :)

  5. apa perbedaan antara epi lasik dan z-lasik? apa kelebihan dan kekurangan keduanya?

    Kastam Reply:

    @Anda,
    Epilasik itu di tujukan untuk orang yang mau lasik sedang korneanya tipis, sehingga untuk pembuatan flapnya hanya mengupas bagian epitel sekitar 60 – 100 mikron saja. Sehingga daerah stroma atau bawahnya yang masih bisa di laser untuk menghilangkan minusnya itu masih cukup tebalnya. karena kalau dilakukan lasik maka tebal flap (lapisan tipis kornea) adalah 140 mikron, sehingga bagian yang akan di laser tidak cukup. Epilasik menggunakan mikrokeratome Amadeus II.

    Z-Lasik, alat yang digunakan untuk membuat flap tadi, namun tidak menggunakan ‘pisau bedah’ melainkan menggunakan laser, sehingga flap yang dihasilkan lebih merata dan precisi. Tebal flap yang dihasilkan untuk sementara dalah 110 mikron dan 140 mikron. Dan jika dalam kalkulasi dari ukuran minus seseorang ternyata cukupnya jika harus dengan flap 100 atau di bawahnya, maka harus epilasik, sedang jika cukup dengan 110 atau 140 maka bisa dengan lasik atau Z-Lasik.

    Sebenarnya dua perbedaan itu hanya pilihan tindakan, jadi bukan perbedaan yang harus dipilih, karena jika kornea tipis dan tidak cukup jika dilakukan tindakan Z-Lasik maka harus Epilasik, dan jika kornea tebal maka disarankan lasik biasa yaitu dengan mikrokeratome atau dengan all laser yaitu Z-Lasik.

  6. Dokter Yth,
    Saya wanita 31 th, tinggal di Yogya, pemakai lensa kontak selama 15 tahun. OD – 8 cyl 1.75 axis 180, OS – 7.5 cyl 0.5 axis 180. Akhir-akhir ini saya mulai tak nyaman dengan lensa kontak karena mata sering gatal sehingga ingin menjalani bedah refraksi. Dari pemeriksaan didapatkan neovaskularisasi kornea sudah (+) dan cobble stone appearance (+). Kadang memakai air mata buatan karena mata kering. Saya penderita rhinitis alergika dan asma. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Metode apa yang paling sesuai untuk saya?
    2. Apa yang harus saya persiapkan sebelum menjalani bedah refraksi?
    3. Bila saya berencana untuk hamil, kapan boleh dilakukan pasca operasi?
    Terima kasih banyak.

  7. Dokter,
    1. Bagaimana cara kita mengetahui bahwa Ukuran/Refraksi mata kita sudah stabil atau belum? Apakah harus memalui pemeriksaan menggunakan alat tertentu?

    2. Apakah orang yang matanya telah di-Lasik mempunyai kemungkinan akan betambah lagi minusnya dengan berjalannya waktu? (dengan anggapan bahwa setelah di-Lasik, pasien menjaga matanya dengan baik).
    Jika iya, apakah bisa di-Lasik lagi untuk kedua kalinya apabila mata pasien tersebut menjadi minus lagi nantinya?

    Terima kasih banyak atas perjelasannya.

  8. yonatan says:

    saya ada keinginan mau lasik untuk menghilangkan minus, tp kalau ada masalah dg retina apa bisa lasik ya? Terima kasih.

    Yenni Reply:

    @yonatan,
    Bisa dilakukan tapi bapak harus ke ahli retina dahulu untuk mendapatkan surat atau pernyataan dari ahli retina bahwa bisa dilakukan LAsik. Terima Kasih.

Get Adobe Flash player